6/22/2009

Kiat Sukses Menembus SPMB/ SNMPTN

Sudah menjadi fakta, bahwa setiap tahun tingkat persaingan untuk menembus SPMB/ SNMPTN semakin meningkat. Menurut saya keberhasilan seseorang tidak lagi semata-mata hanya ditentukan oleh kesiapan akademik, tapi juga faktor mental, serta strategi sangat berpengaruh.

Kenyataannya, saya banyak melihat kejadian yang harusnya tidak terjadi (tapi ya allah hu alam :)). Misalnya si A Lulus pada SPMB/ SNMPTN, sementara si B teman sekelasnya di SMA ternyata gagal. Padahal si B Lebih pintar dari si A. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hmmm,,, (sedang berfikir memutar otak, loch? Otak kok di putar2? xixixi), kalau menurut saya sich, ada dua kemungkinan, yaitu terjadi kesalahan teknis/administratif atau salah strategi. :)

Kesalahan teknis:administartif akan berakibat fatal. Salah mengisi data berarti kalah sebelum "perang" dimulai (weleh, weleh, malu-maluin saja toh? Mudahan saya tidak termasuk gol "ITU", makanya harus diisi dengan hati-hati & benar, jangan cepat-cepat, pelan-pelan dan tepat itu baru lebih baik, hehe*). Dan yang paling penting adalah mengikuti semua petunjuk yang ada dalam buku panduan SNMPTN dan jangan percaya pada saran/ cara yang di sampaikan oleh siapapun (kalau toh memang terlanjur nyontek, ya jangan terlalu pasrah, OK!). Hehe*

Strategi adalah rencana yang cermat dan efektif mengenai kegiatan, langkah dan metode untuk mencapai sasaran (seperti orang berburu, harus punya strategi khusus supaya tembakannya tepat sasaran, iya toh? :p). Dengan demikian, strategi merupakan faktor yang dominan dalam meraih sukses.

Berikut ini, ada beberapa strategi belajar menjelang SNMPTN maupun memilih jurusan:
1. Belajar secara Efektif dan Efisien (ini sich wajib dan harus, hehe*)
Cukup banyak metode belajar secara efektif dan efisien yang sudah dikenal (mungkin, hehe*). Nah, saya mau membagi metode yang pernah saya dapatkan ketika saya mengikuti bimbingan sukses menembus SPMB.
Kita bisa menggunakan sistem SQ3R, yaitu survey (penelitian dahulu), question (membuat pertanyaan), read (membaca), Recite (mengulang), dan Review (mempelajari kembali secara menyeluruh). :)
2.Strategi memilih jurusan/PTN (penting banget nich)
Inti dari strategi memilih jurusan/PTN adalah menentukan pilihan jurusan yang tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan akademik siswa (contohnya saya, karena kemapuan saya itu standar, maka saya juga memilih PTN yang seimbang standarnya dengan kemampuan saya, :p).

Hmmm, demikian beberapa tips sekedarnya dari saya si "calon mahasiswi" ,,, hehe*
Semoga saja bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, dan terutama bagi calon-calon mahasiswa baru :). (termasuk juga saya , hehe* :). Keep the spirit high all :)

2 komentar:

  1. za..slanjutnya dateng,, ke ki joko bodo..
    bla..bla..bla...bussshh,,psti masuk
    ..hehehe

    BalasHapus
  2. Haha* dazar pengkut aliran sesat, tobat maz, :p

    BalasHapus